Bermain Teknik Root dengan Samsung Galaxy ACE – S5830


Setelah 3 bulan bermain dengan Samsung Galaxy Ace, rasanya kurang lengkap juga jika apa yang telah saya lakukan dengan Samsung Galaxy Ace tidak saya share. Hehe..

Samsung Salaxy Ace atau yang sering di kenal dengan nama Samsung GT-S5830 ini merupakan salah satu dari sekian banyak Smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung. Samsung Galaxy Ace merupakan Smartphone yang memiliki OS Android didalamnya… Android sendiri merupakan OS yang menurut saya sangat fleksibel karena aplikasi yang ada pada Android dapat dengan mudah di dapatkan tanpa kita harus membayar, lebih bersifat Open Source dan gratis. Untuk spesifikasi lengkapnya mengenai Samsung Galaxy Ace ini bisa di lihat di GsmArena.com

Oke..daripada kebanyakan cerita mengenai Samsung Galaxy ACE dan android, saya mulai dengan permainan yang pertama yang saya lakukan dengan Galaxy ACE saja :

Root :

  • Edisi Froyo (2.2.1) – Menggunakan SuperOneClick

    Caranya :
    1. Instal dulu driver bawaan Samsung (Kies)
    2. Pastikan USB Debugging ON (Setting – Application – Development – USB Debbuging)
    3. Download aplikasi SuperOneClicknya di sini.
    4. Koneksikan Samsung Galaxy ACE ke komputer menggunakan kabel USB.
    5. Buka Aplikasi SuperOneClick yang sudah di download sebelumnya.
    6. Click Root dan Tunggu hingga seperti pada tampilan berikut :

Selamat Samsung Galaxy Ace Anda telah berhasil di root..

Tutorial Upgrade Samsung Galaxy ACE Ginggerbread 2.3.4 silahkan lihat di sini, Untuk cara Rootnya bisa di lihat di sini..

Berikut beberapa keuntungan jika Gadget Android kita di root (berdasarkan forum yang pernah saya ikuti) :

1. Kita mempunyai kontrol penuh terhadap android.
2. Memungkinkan kita untuk membackup system.
3. Mampu menjalankan aplikasi2 yang membutuhkan root
4. Install Custom ROM
5. Save space memori telepon (install aplikasi full di SD card)

Tanda – tanda yang paling nyata ketika Galaxy kita sudah di root adalah akan muncul aplikasi yang bernama SUPERUSER.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Note :

Tutorial root ini tidak hanya digunakan untuk Samsung Galaxy Ace, melainkan dapat digunakan juga di beberapa Samsung Galaxy Lain..

~ Talk Less Do More ~

 

Bermain Teknik Root dengan Samsung Galaxy ACE – S5830

77 thoughts on “Bermain Teknik Root dengan Samsung Galaxy ACE – S5830

  1. Fovilia says:

    Kak, saya masi nubie, baru dua minggu pake galaxy ace gingerbread 2.3.4. Kak, saya udah coba nge-root setelah gugling (lupa sumbernya) dan udah muncul superuser. Tapi kok ga ada perubahan apa-apa selain muncul aplikasi superuser? Trus, superusernya juga ga bisa diapa-apain…di tab “apps” dan “log” isinya kosong, “no apps/ log on the list”. Apa emang gitu ya…ga ada isinya? Jadi, apa ya kegunaan superuser?

    Oh iya, saya juga udah install app2sd dan yg lain yg sejenis, tapi tetep aja ga bisa mindahin aplikasi ke SDcard. Mohon bantuannya kak gimana caranya step by step. Trus, apa perlu format SDcard? Saya ga ngerti…kalo diformat, apa semua data di SDcard jadi ilang? Apa bisa diback-up? Cara back-up-nya gimana? Cara formatnya gimana?

    Maaf kak saya banyak tanya2. Saya masi bingung, masi belajar pake android.

    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    1. Owke mbak… saya coba bantu ya… saya juga baru koq dalam dunia android… kita sama-sama belajar aja… :D
      kegunaan nya super user itu kan bisa mengakses lebih banyak lagi aplikasi yang ada tulisan *root.. hehe
      1. masalah Super User kenapa kosong???
      Saya mau tanya dulu, itu versi Super user nya berapa ya?? saat ini saya menggunakan versi 2.3.5.1 dan semua log dan app nya ada isinya.. Jika memang beda versi super usernya mungkin bisa di cari masternya di Market..
      2. Cara pindah aplikasi ke SD card??
      Saya menggunakan Move2SDEnabler berjalan lewat root, dan saya sendiri tidak perlu format / partisi. Nanti saya tulis tutorialnya ya mbak.. :D
      3. Kalo mau di backup bisa menggunakan Titanium Backup Pro.. lebih bagus karena bisa membackup semua aplikasi.

      Semoga bisa membantu dan menjawab pertanyaan mbak Fovilia..

      1. Fovilia says:

        Saya nemu Move2SDEnabler di market (web), tapi ga bisa diinstall, “This app is incompatible with your Telkomsel Samsung GT-S5830.” :bingung:

      2. Coba cari Move2SD Enabler di Android market jangan yang Web… Coba buka link ini… barusan saya sudah posting caranya menggunakan move2SD Enabler.. Semoga bisa membantu…

      3. Oh iya, dulu saya juga sempat update ke super user yang versi 3.0 ketika masih froyo.. jadinya sama blank.. kemudian saya upgrade ke gingerbread dan sampai sekarang saya tidak pernah update super user lagi… hehe… :D

      4. Sama-sama… saya juga masih belum bisa banyak update tutorial mengenai ACE nech..
        Di tunggu saja.. mungkin ada tips lain nya lagi buat samsung galaxy ACE.. hehe

      5. Fovilia says:

        kak, barusan saya coba install dari market (hp), tapi sama aja kak.. “Your device is not compatible with this item” :tambah bingung:

  2. paradixie says:

    saya udah berhasil root,,, tp super user saya fersi 2.3.6.1 dan smua log dan app kosong,, gmn dong bner gx si saya rootnya/???
    mohon bantuannya

      1. indra says:

        iy saya juga ngalamin hal yg sama…
        sudah sy install Move2SD Enabler…tp pas sy ubah ke external gagal n muncul info sory cannot change the default instal location…gmn y mas?

      2. Sudah di root dengan benar belum ya Robot Ijo nya?? Coba dech menggunakan Install Manager for Root… Itu juga solusi lain untuk pindah applikasi ke External..

  3. indra says:

    udah sukses mas bro…thx y…
    mo nanya satu lagi nih..klo mo ganti MicroSD nya, gmn y mas, kan App sudah d SD card semua…ap tgl copy aj k SD card baru, atau smua d pindah k memory telp dl baru setelah ganti SD Card baru d pindah lg ato bgmn?

    d tg y mas bro
    thx bgt

    1. kalo saya sech pertama-tama saya backup app pake software yang namanya titanium backup… trz saya copy semua yang ada di MMC sekarang ke PC.. abis itu pasang MMC yang baru, trz pindahin dech applikasi yang ada di folder Titanium ke MMC yang baru.. Semoga sukses…

  4. indra says:

    indra :

    ok deh, sy cb y mas bro…thx bgt buat infonya…
    o iy ijin bookmark y…mas bro…

    ada yg lupa :D…pake titanium backup yg root ato yg biasa y mas bro…kan pny ane udah rootingan

      1. indra says:

        klo udah dibackup pake titanium ntar mindahnya tgl ngopi aj atau harus buka titanium lagi buat restore? maklum nubie bgt nih hehe…

  5. indra says:

    indra :

    indra :
    ok deh, sy cb y mas bro…thx bgt buat infonya…
    o iy ijin bookmark y…mas bro…

    ada yg lupa …pake titanium backup yg root ato yg biasa y mas bro…kan pny ane udah rootingan

    harus instal busy box jg y mas bro?

  6. Candra says:

    Mas, aku mau tanya… Kabel data kalau di hubungkan ke HP kan harusnya muncul notif, kok aku gak muncul ya.

    SG-5830
    Rom ICS terus ku ganti CM-72.1

    Nah sekarang mau ganti rom lagi gak bisa jadinya, gak kedetek di PC pas “Downloading Mode”

  7. yono says:

    aku sudah di root tapi memori penuh aja di menu super user app kosong sudah menggunakan apps2sd tapi tetep aja memori di tepl ngak mau pindah

  8. Putri says:

    Kak, mau tanya, aku baru beli Samsung Galaxy Ace, pas aku liat OS-nya udah 2.3.4, tapi aku masih bingung bedanya 2.2.1 sama 2.3.4 apa ya kak?

    1. Begini mbak putri… Untuk OS nya memang sepertinya samsung sudah mengupgrade OS galaxy ACE di kuartal terakhir 2011 kemarin..
      Untuk perbedaan OS tidak terlalu signifikan.. lebih cenderung sama saja antara 2.2.1 (froyo) dengan 2.3.4 (gingerbread), hanya ada beberapa perbedaan saja.. seperti di grafis 2.3.4 lebih smooth daripada di 2.2.1, kemudian ada yang mengatakan jika baterai di 2.3.4 lebih baik daripada 2.2.1..

      Selamat menggunakan Galaxy ACE ya… hehe

  9. dika says:

    Apakah semua aplikasi isa dipindahkan?
    Saya sudah coba. Tp app seperti fb, ym, dll tetap msh di memori telp. Mohon petunjuknya ya

    1. Memang Ada beberapa applikasi yang memang tidak dapat dipindahkan ke external memory, seperti go launcher, ym dll.. Tapi kalo memang ingin coba pindahkan semua applikasi,bisa coba pakai applikasi Install manager.. Smoga membantu..

  10. FEBRI says:

    saya pakai SAMSUNG GALAXY S5670 FIT. bagaimana cara menambah bahasa indonesianya ? versi barusan saya update DDKT1 (gingerbread).dan saya tidak ada instal superuser main langsung aja pakai ODIN.lalu reset factory.

    1. Untuk Firmware yang di gunakan pake versi mana ya?? Versi indonesia bukan?? kalo bukan versi indonesia, kemungkinan ga ada bahasa indonesianya… harus cari firmware yang open asia… :D

  11. Dita says:

    mas..saya mau tanya, saya pake Galaxy Ace, setiap mau update app, selalu muncul tulisan “error..couldn’t install on your SD card..”. Padahal memori internal ataupun external saya sisa space nya masih banyak banget…
    itu maksudnya gimana yah dan kenapa? butuh solusi nh..terimakasih..

    1. Boleh tau ga?? Android nya versi berapa??? Udah di root belom??
      Biasanya jika Galaxy ACE nya baru, belum di root, agak sulit bahkan kemungkinan tidak bisa install Applikasi di SD Card..

  12. indra says:

    saya udah instal,root gingerbread 2.3.6, tb patcher,titanium backup,sd booster,no-frills,trus instal apa lagi biar ace saya tambah oke

    1. tidak sepenuhnya aplikasi berbayar bisa di install setelah di root,.. yang benar itu kita bisa install aplikasi yang sudah di crack dan gratis.. hehe

  13. much says:

    maz…q di kasih galaxy ace ma om nich,,,but driver n cable data nya g da,,just Hp n Charging,,,
    dmn sya bisa download driverx n usb driverx?
    n pa bisa pakek csble data yg da di pasaran (bukan aslix) ?

  14. AceFroyo says:

    saya udah ikuti totorialnya tapi setelah instal SuperOneClick dan root berhasil, SD card saya jadi ga ke detect. gimana ini?? udh coba reboot beberapa kali tetap ga ke detect dan semua app yg ada di SD card menghilang di layar Samsung Galaxy Ace (froyo 2.2) saya :( PLEASE HELP!! apa yg harus saya lakukan?

    1. Bedanya aplikasi yang sudah di root itu nanti akan muncul aplikasi yang bernama Super User, trz bedanya kalo yang sudah di root, kita bisa lebih leluasa dalam menginstall aplikasi karena banyak aplikasi yang membutuhkan permision root dapat kita install… semoga membantu…

  15. gan sya nubie nh pke ace udah hmpir 3 bln, masalahnya ace gw th law di start g mw idup hnya muncul gmbar batre doang trus matot,bsa sh on law dbantu dng charge udah gw “recovery mode” tpi msh z tetep, kira2 prmasalahanx apa y gan, ace gw v 2.3.4 roti jahe gan, mohon pencerahan nh gan,,

  16. rony says:

    bro…
    saya mw nge root galaxy ace s5830..
    udh dites kemarin yang utk gnggrbread (file zip),,
    tp kok isinya kosong ya??
    trus galaxy ace s5830 ni froyo atau gnggerbread sih??
    soalnya kalau dlihat dari hp di pengaturan -> tentang telpon ginggerbread.dxkt5
    tp kalau spesifikasi yang diwarnet itu froyo..
    mhon bntuannya…

    1. Wah, kalo di pengaturan -> tentang telpon ginggerbread.dxkt5, udah pasti Gingerbread dunk… Tuch ada tulisan na “ginggerbread.dxkt5″

  17. Tsabat says:

    Mas.. Udah berhasil rooting.. :D
    gal ace froyo, ..
    apa lagi yg bisa di lakukan setelah rooting.. :D mohon pencerahan,
    untuk memaksimalkan si galace… :D
    kalo bisa yg bisa bikin terbang mas.. :D wkkwww

  18. gan… saya newbie baru 4 bln pake samsung galaxy ACE 2.2.1 froyo…
    saya mau root galaxy saya.. tapi kalo buat versi froyo kan harus lewat superoneclick.. udah saya download tapi pas saya mau instal kok ga bisa2 yaa? tiap saya double click “SuperOneClick.exe” pasti muncul kotak yg tulisannya “SuperOneClick has stopped working (checking for solution)”..
    udah saya re-download tetep aja kek gitu..

    terpikir sama saya buat meng-upgrade galaxy saya dari froyo ke ginggerbread.. karena saya lihat kalo me-root versi ginggerbread lebih mudah..

    apa bisa dari versi froyo di upgrade ke ginggerbread?? mohon penjelasannya gan..
    trimss…

  19. hallo mas salam kenal saya Yudi,mau tanya nih,kalo kameranya galaxy S-5670 (gingerbread 2.3.6) trouble muncul tulisan error message handler.handle message (-1) solusinya bagaimana?,sukses untuk blognya,Trims.

Leave a Reply

